Tugas 1 | Perubahan Bisnis atau Sosial & Pelanggaran Etika




Proses bisnis atau sosial jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dahulu. Semakin pesat perkembangan teknologi yang ada saat ini dapat menyebabkan hilangnya nilai etika tradisioanl dalam berbisnis. Berikut ini beberapa contoh perubahan proses bisnis atau sosial akibat teknologi yang menghilangkan dan melunturkan nilai etika tradisional.
Berikan 3 contoh perubahan proses bisnis atau sosial akibat teknologi yang “melunturkan” nilai etika tradisional. Untuk tiap contoh, sebutkan teknologinya, model kerjanya, nilai etika tradisional yang hilang.
1.    Sistem Bimbel Online
Contoh :
Ruang Guru
Teknologi :
Internet
Model Kerja :
Semakin berkembangnya perkembangan IT, menyusup juga ke sistem pendidikan. Dalam hal ini RuangGuru menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui sistem manajemen belajar. Selain itu, RuangGuru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les private, layanan bimbingan belajar on-demand, try out ujian online dan lain-lain. RuangGuru bukan hanya hadir dalam sebuah bisnis, tetapi bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat juga membantu siswa dan orangtua.
Etika tradisional yang hilang :
Tidak ada pembelajaran langsung, tidak ada ruang kelas untuk pembelajaran, tidak ada jam bimbel yang terjadwal, kurangnya interaksi sosial dari guru ke siswa dan sebaliknya, kurangnya rasa kebersamaan antara sesama siswa.
2.    Ps (Playstation)
Teknologi
Televisi dan Laptop
Model kerja
Ps banyak digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Permainan ini memiliki banyak variasi pilihan seperti game sepak bola, balap, pertarungan, petualangan dan lain-lain. Permainan ini dapat dimainkan melalui TV dengan menyambungkan kabel dari ps ke tv dan menggunakan stik analog untuk mengarahkan permainannya, bisa juga menggunakan laptop dengan memasang aplikasi.
Nilai etika tradisional yang hilang
Hilangnya permainan-permainan tradisional, berkurangnya tingkat kreativitas pada anak-anak, malas belajar, ketergantungan, lupa waktu, bolos sekolah, hilangnya sopan santun dan manjadikan permainan ini sebagai ajang untuk perjudian.
3.    Media sosial
Teknologi
Smartphone dan Internet
Model Kerja
Pada model kerja masa kini, orang – orang lebih mengutamakan berkomunikasi dengan menggunakan situs media sosial seperti, facebook, instagram, twitter, Whatsapp, dan lain – lain.
Nilai etika tradisional yang hilang
Dengan terbukanya internet dan berbagai kemudahan dalam mengakses segala informasi dari media sosial sering kali pengguna menyalahgunakan informasi sehingga terjadilah tersebarnya berita hoax (kebohongan) publik. Orang jadi lebih sering berada didunia maya sehingga kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Banyaknya ujaran kebencian dari sesama pengguna (netizen) untuk hal yang mereka anggap tidak sepaham. 

Adapun pelanggaran terhadap etika akan mendapatkan sanksi sosial dan sanksi hukum. Dan  kapan pelanggaran etika memperoleh sanksi sosial dan memperoleh sanksi hukum.

Sanksi Pelanggaran Etika:
1.    Sanksi Sosial : Sanksi ini diberikan oleh masyarakat sendiri, tanpa melibatkan pihak berwenang. Pelanggaran yang terkena sanksi sosial biasanya merupakan kejahatan kecil, ataupun pelanggaran yang dapat dimaafkan. Dengan demikian hukuman yang diterima akan ditentukan oleh masyarakat, misalnya membayar ganti rugi dsb, pedoman yang digunakan adalah etika setempat berdasarkan keputusan bersama.
2.    Sanksi Hukum : Sanksi ini diberikan oleh pihak berwengan, dalam hal ini pihak kepolisian dan hakim. Pelanggaran yang dilakukan tergolong pelanggaran berat dan harus diganjar dengan hukuman pidana ataupun perdata. Pedomannya suatu KUHP.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 | Bentuk Profesionalisme dalam Profesi

Tugas 4 || Bentuk Kejahatan Internet

Tugas 2 | Etiket dan Pelanggaran Berinternet